Sosok Alumni UMY di Balik Film Tilik


Film Tilik ramai diperbincangkan hingga trending di Twitter, membuat sutradara terharu. Sebelumnya Bu Tejo yang merupakan salah satu tokoh film pendek berjudul Tilik ini menjadi trending di Twitter.

Menyusul itu, Film Tilik ikut menjadi perbincangan di jagat perkicauan Twitter. Usut punya usut, trending tersebut berawal dari penayangan Film Tilik pada 17 Agustus 2020. Film ini aslinya diproduksi pada tahun 2018, yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo. Namun, baru ditayangkan di Youtube melalui kanal Ravacana Films pada Senin (17/8/2020). Banyak warganet yang memuji Film Tiik, karena cerita yang disajikan dalam film ini dekat dengan kehidupan sehari-hari. Lantaran para ibu-ibu yang ditampilkan, mempresentasikan kehidupan warga desa. Yang paling menjadi sorotan adalah cara ghibah Bu Tejo. Dalam film ini Bu Tejo diceritakan sebagai sosok ibu-ibu yang ceplas-ceplos dan jadi biang gosip.

Terkait viralnya Film Tilik di Twitter, Founder dari Ravacana Films ini mengaku terharu. “Terharu mas! Ini membuktikan film pendek Indonesia bisa ngosak ngasik!” ungkap Wahyu. Film Tilik sebelumnya telah di tampilkan di beberapa Festival Film, baik Nasional maupun Internasional. Alhasil, film ini berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya ada Official Selection World Cinema Amsterdam 2019 dan Pemenang Piala Maya 7 (2019).

Wahyu Agung Prasetyo menjelaskan terkait alasan kenapa baru ditayangkan di Youtube tahun ini, bahwa pada dasarnya film oendek mempunyai umur dua tahun diputar diberbagai festival. Setelah dua tahun tersebut, barulah teman-teman mengedarkannya di beberapa platform digital. Selain itu, Wahyu juga mengatakan bahwa saat ini adalah momen yang tepat di mana orang-orang butuh hiburan disaat pandmei.
Pemilihan tanggal 17 Agustus sbagai tanggal perilisan Film Tilik ini sendiri, bagi Wahyu merupakan simbol perjuangan lewat Film.
Selain itu, sosok pemeran Bu Tejo yang menuai banyak pujian. Banyak orang yang terkesan dengan penampilan pemeran sosok ibu-ibu pengghibah itu. Pemeran Bu Tejo itu adalah seorang aktris bernama Siti Fauziah Saekhoni atau akrab disapa Ozi.
Ozi tidak menyangka perannya dalam Film Tilik itu bisa trending di Twitter. Menurutnya, sosok Bu Tejo itu sangat berkaitan dengan kehidupan dan lingkungan sehari-hari.

Siti Fauziah merupakan lulusan Isipol Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ozi sendiri aktif di teater kampusnya dan tampil dari panggung ke panggung. Pada tahun 208, dirinya mendapat beasiswa aktor studio, workshop keaktoran yang diselenggarakan Teater Garasi. Setelah itu, ia terlibat beberapa produksi pertunjukan hingga akhirnya main film.
Film pertama yang pernaha dimainkan adalah Mencari Hilal yang dirilis pada 2015. Selain itu Siti Fauziah pernah memainkan beberapa film yaitu Talak 3 (2016), Sultan Agung (2018), Bumi Manusia (2019) dan Mekah I’m Coming (2019).
Selain itu, ia juga tampil dalam sederet film pendek. Beberapa judul film pendek yang pernah ia mainkan, antara lain Tilik, Joko, Unbaedah, dan Kembalilah dengan Tenang. Tahun ini, ia mengaku akan ada rencana syuting film panjang yang sedang dipersiapkan.

 

(Sumber : https://style.tribunnews.com)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!