UMY Kembali Mengadakan Alumni Awards 2020

[siteorigin_widget class=”SiteOrigin_Widget_Image_Widget”][/siteorigin_widget]

 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali memberikan penghargaan terhadap alumninya, melalui sebuah ajang Alumni Awards 2020 yang digelar pada Jumat (14/8/2020) malam di pelataran Gedung AR Fachruddin Kampus Terpadu UMY.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi tinggi kampus terhadap alumninya yang telah berkiprah dan berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. Terdapat dua kategori dalam ajang ini yaitu Alumni Achievement Award dan Outstanding Alumni Award.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK Prof. Hilman Latief Ph.D mengatakan adanya Alumni Awards adalah sebagai langkah rekognisi dan penghargaan terhadap kiprah alumni yang telah berprestasi di masyarakat.

“Kami dari awal sudah mengadakan diskusi-diskusi dengan pimpinan universitas maupun tim kemahasiswaan, mendefinisikan prestasi dalam konteks lebih luas, prestasi tidak identik dengan jabatan tinggi maupun dengan kekayaan seorang individu. Tetapi kami lebih melihat kepada kiprah dan komitmen pada perubahan yang didorong oleh inisitaif pribadi oleh para alumni. Maka dari itu Alumni Award ada dan ini sudah menjadi tahun ketiga pelaksanaan ajang ini,” ujarnya.

Berdasarkan dua kategori yakni Alumni Achievement Award (AAA) dan Outstanding Achievement Award (OAA), 7 alumni mendapatkan kategori AAA dari Fakultas Agama Islam, FISIPOL, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, FKIK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Teknik. Sementara satu alumni yang menerima kategori OAA.

“Tentu ada banyak bidang yang menerima penghargaan Alumni Award 2020. Ada bidang sosial, bidang keagamaan, bidang entrepreneurship (Kewirausahaan), dan bidang kesehatan, mudah-mudahan penghargaan ini bisa memberikan motivasi kepada alumni untuk terus berkiprah dan mengukir prestasi di masa depan, namun bukan untuk menjadi sebuah kebanggaan yang mengakhiri aktivitas yang telah mengantarkannya pada prestasi tersebut. Yang lebih penting, prestasi itu bisa ditiru oleh mahasiswa aktif UMY,” lanjut Hilman.

Sementara itu pemenang untuk kategori Outstanding Achievement Award diberikan kepada Prof. Dr. Muhammad Khairil S.Ag., M.Si yang merupakan alumni Fakultas Agama Islam jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UMY angkatan tahun 2001. Penghargaan tersebut diberikan atas capaiannya menjadi alumni pertama UMY yang memiliki gelar guru besar atau professor.

“Alhamdulilah, rasa syukur dan bahagia pada kesempatan kali ini, saya mewakili pribadi sebagai bagian dari keluarga Fakultas Agama Islam terkhusus Komunikasi Penyiaran Islam UMY, mengucapkan terimakasih banyak atas penghargaan yang diberikan kepada saya. Tentu penghargaan ini menjadi amanah juga kehormatan untuk menjadi motivasi serta inspirasi untuk terus berbuat yang terbaik dalam memberikan hasil kerja terbaik bagi bangsa dan negara. Sebagai salah satu orang alumni UMY ingin menitipkan pesan pada almamater tercinta, teruslah memberikan pengabdian terbaik dalam Tri Dharma perguruan tinggi, mendidik anak-anak bangsa menjadi generasi penerus, pemimpin bangsa,” tukas alumnus yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah itu, melalui video.

Adapun nama-nama lengkap peraih penghargaan Alumni Awards 2020 sebagai berikut; Budhi Hermanto (FAI), M. Hermayani Putera, S.IP (FISIPOL), Juniardi Akhir Putra, S.T., S.ST., M.Kom (FT), Muhammad Akhid Subiyanto, S.H. (FH), Dede Haris Sumarno, S.E., M.M. (FEB), Ahmad, S.P. (FP), Mayu Fentami, S.Kep., Ns. (FKIK), serta Prof. Dr. Muhammad Khairil, S.Ag., M.Si. (FAI).

(Sumber : https://jogja.tribunnews.com)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara