Mengenal Konsep Diri  

Hallo sobat LPKA! Jangan lupa bersyukur untuk hari ini
Seringkali kita bertanya, apa sih pentingnya membentuk konsep diri? Jika teman-teman masih menanyakan itu berarti kalian masih belum mampu membentuk konsep diri itu. Padahal konsep diri itu sangat penting bagi hidup kita lho. Lalu apa sih yang dimaksud konsep diri?
Konsep diri atau self concept dikemukakan Rogers. Menurutnya konsep diri menggambarkan persepsi individu tentang dirinya sendiri dan hubungannya dengan obyek atau orang lain dalam lingkungannya. Sedangkan Mead mendefinisikan konsep diri sebagai perasaan, pandangan, dan penilaian individu mengenai dirinya yang didapat dari hasil interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Dapat kita simpulkan bahwa konsep diri adalah cara pandang kita terhadap diri kita sendiri.
Pembentukan konsep diri dapat dipengaruhi lingkugan. Konsep diri dibagi menjadi dua yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif. Lingkungan yang memberikan dukungan positif akan mempermudah individu untuk membentuk konsep diri positif. Sebaliknya, lingkungan yang memberikan dukugan negatif akan membentuk konsep diri negatif. Lingkungan akan menghasilkan stigma dan persepsi yang dapat mempengaruhi seseorang dalam membentuk konsep diri.
Seseorang yang mampu membentuk konsep diri positif, ia akan mudah menerima dan berdamai dengan dirinya sendiri maupun masa lalunya. Hal tersebut tentu berpengaruh ke perilaku seseorang. Selain itu, konsep diri juga dibentuk dari pengalaman, perilaku diri, dan penilaian orang lain terhadap individu. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menilai pengalaman dan lingkungan agar konsep diri yang kita bentuk benar dan positif.
Nah, buat sobat LPKA kalau kalian punya masalah jangan dipendam sendiri. Silahkan ceritakan ke teman, orang tua, atau orang yang kamu percayai. Bisa juga dengan bergabung bersama kami di UMY Konsultasi. Bisa langsung konsultasi ke ahlinya (psikolog) atau dengan konselor sebaya.
Info lebih lanjut silahkan hubungi:

  1. Nuha Nudiya Al Khonsa : 0815-6590-374
  2. Fikri Manalani Kurniasari : 0877-3643-9070
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!