Baitul Arqam UNIRES 2020

Pada Sabtu hingga Senin tanggal 29-31 Agustus 2020, sebagai salah satu bentuk persiapan bagi tim pembinaan (Asisten Senior Resident, Senior Resident, Pembina & Pengasuh), Unires UMY menyelenggarakan Baitul Arqom, seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini dilangsungkan sejak Sabtu pagi hari tersebut. Kali ini tajuk yang dihadirkan adalah “Satu Atap Satu Semangat untuk Unires Berkemajuan” dengan harapan seluruh pihak dapat berkolaborasi untuk mewujudkan Unires menjadi tempat pendidikan karakter mahasiswa yang lebih baik dan berkemajuan.

Acara dimulai pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 dan dibuka oleh direktur Unires Ust Muhsin Harianto, M.Ag. dlam sambutannya beliau menyampaikan Baitul Arqom merupakan langkah awal dalam perjalanan Staff Pembinaan Unires UMY dalam mengabdi dan membimbing adik-adik residen Unires UMY. Setelah dibuka acara dilanjutkan dengan pengumumam yang disampaikan oleh Master Of Training (MOT) Mahfud Khoirul Amin, M.A. Pada hari yang sama sesi pertama di isi oleh Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd dengan materi “Communication Skill”. Dalam pemaparannya Dr Samsudin menyampaikan bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, serta komunikasi yang efektif terutamada untuk memberikan bimbingan kepada residen Unires UMY.

Adapaun materi kedua yaitu “Ke Unires an” yang di isi oleh Ust Mahfud Khoirul Amin, S.IP, M.A. dalam materinya Mahfud memaparkan terkait sejarah, visi, misi dan hal-hal seputar Unires UMY, serta menjelaskan terkait Program Pembinaan yang akan berlangsung di Unires UMY. Sesi ketiga di isi oleh Dra. Elli Nur Hayati, MPH., Ph.D (Dekan Psikologi Universitas Ahmad Dahlan) yang mana membahas materi terkait “Konseling Sebaya”. Dalam pemaparannya Dr Elli menyampaikan cara melakukan pembinaan dan konseling terhadap teman sebaya dalam hal ini adalah residen Unires UMY. Dalam meteri ini juga terdapat pertanyaan dan juga berbagi cerita oleh para peserta terkait pengalaman konseling sebaya yang sudah di alami.

Pada hari ke dua (Senin, 31 Agustus 2020) materi pertama di isi oleh Dr. Takdir Ali Mukti, S.Sos., M.Si, beliau menyampaikan materi terkait “Leadership”. Dalam materi ini Dr Takdir menyampaikan beberapa model leadership dan juga bagaimana Rasulullah SAW memimpin Ummat Islam pada zamannya. Dalam materi ini juga dismapaikan terkait tips dan acara agar menjadi pemimpina yang baik. Materi kedua pada hari ini di isi oleh Fathurrahman_Kamal,Lc,M.S.I dengan materi “ideologi Muhammadiyah”, dalam materi Ust Fatur menyampaikan terkait ideologi , pemikiran, dan hal-hal yang penting diketahui sebagai massyarakat Muhammadiyah. Dalam materi ini pula disampaikan terkait peran pemuda untuk kemajuan Muhammadiyah.

Adapun materi terakhir dalam kegiaatan Baitul Arqom Staff Pembinaan Unires UMY di isi oleh Dr. Okirisal Eka Putra Lc., M. Ag (Majlis Tabligh PP Muhammadiyah) dengan topik “Menjadi Kader Muhammadiyah Yang Berkemajuan”. Dalam hal ini beliau menyampaikan peran kader Muhammadiyah dalam menyebarkan agama Islam, serta cara menjadi kader yang berkemajuan dan unggul. Acara Baitul Arqom ini di tutup dengan pengisian form evlausi dan masukan serta foto bersama oleh peserta.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara