Perkuat Nilai Islami dan Prestasi Mahasiswa, LPKA UMY Gelar Scolarship Gathering

Mempertahankan mutu pendidikan merupakan salah satu tugas perguruan tinggi dalam menjaga sebuah kualitas kampusnya. Hal inilah yang selalu dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) peringkat tiga PTS se-Indonesia yang selalu memberikan dukungan untuk mahasiswanya dengan memberikan beasiswa kepada para mahasiswanya.

Untuk mengoptimalkan pemberian beasiswa kepada mahasiswa baru tersebut, Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY turut menggelar Scolarship Gathering dengan mengusung tema “Unlock Your Passion, Build Creation, Be Champion with Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Scholarship” yang diikuti sekitar 151 mahasiswa baru penerima beasiswa pada Sabtu (24/9) di Ruang Sidang Gedung Ar. Fachrudin B lantai 5 UMY.

Scholarship Gathering ini dibuka langsung oleh Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM yang turut menyampaikan harapannya pada mahasiswa baru penerima beasiswa untuk menjaga amanah yang sudah diberikan pada mereka dengan meningkatkan prestasi dan nilai keislamannya. “Kita menerima kalian bukan hanya untuk menjadi mahasiswa yang biasa saja, tetapi untuk berprestasi dengan memanfaatkan skill yang kalian miliki dan imbangi dengan nilai keislaman kalian untuk mengharumkan nama UMY juga bangsa. Terima segala macam bentuk kemajuan untuk mempermudah masa depan kalian,” ujarnya.

Menurut Kepala LPKA UMY, Oki Wijaya, S.P., M.P program gathering ini dibuat untuk mendekatkan para mahasiswa penerima program beasiswa untuk mengurangi rasa inferiornya pada mahasiswa lain yang bukan penerima beasiswa. “LPKA mengadakan program gathering ini semata-mata bukan untuk mengumpulkan para mahasiswa, tetapi untuk menjauhkan perasaan inferior yang mungkin dirasakan oleh para mahasiswa penerima beasiswa dengan mahasiswa bukan penerima beasiswa,” tuturnya.

Di samping itu, Oki menjelaskan bahwa agenda ini juga memiliki tujuan untuk mengenalkan para mahasiswa baru penerima beasiswa agar dapat memahami berbagai kegiatan mana saja di UMY yang dapat meningkatkan prestasi mereka. “Sebagai mahasiswa penerima beasiswa tentu kalian juga memiliki kewajiban untuk selalu mempertahankan ataupun meningkatkan prestasi kalian. Hal itu dapat kalian lakukan dengan mengikuti organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa juga program kreativitas mahasiswa,” paparnya.

Sejalan dengan pendapat tersebut, Kepala LPPI UMY, M. Khaeruddin Hamsin, Lc., LL.M., Ph.D juga menambahkan pentingnya penerapan nilai-nilai Islam dalam mencapai prestasi tersebut dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. “Selaras dengan meningkatnya prestasi, kalian juga perlu tetap membentengi diri kalian dengan nilai-nilai keislaman. Penerapan nilai Islami ini tidak berpatok hanya pada datang ke masjid untuk menunaikan sholat, tetapi di masjid kita telah memiliki banyak fasilitas yang bisa kalian pakai. Bagi kalian yang memiliki hobi membuat konten kalian dapat memanfaatkan fasilitas podcast yang ada di masjid,” tutupnya. (YA)

https://www.umy.ac.id/perkuat-nilai-islami-dan-prestasi-mahasiswa-lpka-umy-gelar-scolarship-gathering

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara