Annual Report Bidang Kemahasiswaan UMY 2019-2020

Alhamdulillah, atas Rahmat Allah SWT, Annual Report bidang kemahasiswaan tahun ajaran 2019/2020 bisa terbit dan hadir di hadapan seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Konsep Laporan Tahunan ini melanjutkan tradisi yang telah dimulai sejak tahun lalu. Di mana laporan dan analisa disajikan dalam bentuk yang lebih menarik untuk memberi memudahkan bagi pembaca dalam melihat perkembangan dan capaian prestasi kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam satu tahun akademik terakhir.

Hal yang menantang dari sebuah Annual Report bukanlah pada pendokumentasian data berbagai kegiatan dan prestasi semata, melainkan juga pada pemaknaan atas data tersebut untuk melakukan evaluasi kebijakan dan strategi pada tahun-tahun mendatang. Karena itu, dengan terbitnya laporan tahunan ini kami berharap dapat terus melakukan pengembangan dan perbaikan di bidang kemahasiswaan dan alumni.

Melihat catatan selama satu tahun terakhir, kami bersyukur atas prestasi yang terus diraih oleh para mahasiswa, baik di bidang kreativitas-penelitian, minat dan bakat, community cervice, dan entrepreneurship. Begitu juga dalam program pengembangan karir mahasiswa dan alumni. Meskipun kami mencatat tantangan yang tidak mudah akibat pandemi Covid-19 yang membuat beberapa kegiatan terpaksa ditunda dan ditiadakan. Begitu juga adaptasi akan lomba yang dilaksanakan secara online (dalam jaringan).

Di tengah tantangan, Alhamdulillah kualitas kegiatan dan prestasi mahasiswa selama setahun terakhir mengalami peningkatan. Hal ini mendapatkan apresiasi dari Kemendikbud dengan diraihnya posisi 14 nasional pada pemeringkatan Simkatmawa 2020. Naik dari posisi tahun lalu yang berada di urutan 24.

Ini merupakan sebuah capaian yang sangat kami syukuri. Mengingat prestasi para mahasiswa UMY dapat bersaing dan bahkan lebih unggul dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya.

Prestasi tersebut disebabkan, antara lain, adanya peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan baik di bidang kreatifitas/penalaran, minat bakat, dan kewirausahaan sepanjang tahun 2019. Secara kuantitatif, terjadi peningkatan prestasi sejumlah 404 (67 prestasi Belmawa dan 337 prestasi mandiri). Jumlah ini naik signifikan dari tahun 2018 yang berjumlah 249.

Begitu juga jumlah prestasi pada masing-masing tingkat baik nasional maupun internasional. Prestasi internasional tahun 2019 berjumlah 51, naik dari 12 prestasi pada tahun 2018. Peningkatan sangat tinggi terjadi pada prestasi nasional yang naik hampir dua kali lipat dengan jumlah 324. Tahun sebelumnya berjumlah 180 prestasi.

Kegiatan entrepreneurship juga mengalami kenaikan. Total mahasiswa yang mengikuti kegiatan kewirausahaan berjumlah 2,261 mahasiswa. Naik dari tahun 2018 yang berjumlah 1,331 mahasiswa.

Peningkatan juga dialami dalam kegiatan community development. Pada tahun 2019 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pangabdian masyarakat berjumlah 1,652 mahasiswa. Sementara tahun sebelumnya berjumlah 1,204 mahasiswa.

Annual Report ini menjadi refleksi kami di bidang kemahasiswaan untuk selalu dan terus berusaha meningkatkan kinerja dan pelayanan. Sekaligus sebagai apresiasi yang tinggi kepada seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Annual Report 2019/2020 dapat diunduh pada tautan berikut ini.

Selamat membaca!

Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D
Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!

23 Proposal PKM UMY Lolos Pendanaan Kemendikbudristek, Siap Bersaing di PIMNAS 2024

POM UMY Jadi Metavora Olahraga, Junjung Tinggi Sportivitas Dan Kebersamaan Mahasiswa