UMY Kembali Laksanakan Baitul Arqam

(3/2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melaksanakan Baitul Arqam. Baitul Arqam kali ini dilaksanakan secara offline di Institute Tabligh Muhammadiyah selama dua hari. Dihadiri oleh seluruh mahasiswa penerima beasiswa full study sejumlah kurang lebih 77 mahasiswa pada 30-31 Januari 2023. Rangkaian acara pada Baitul Arqam kali ini terdapat pembukaan dan pemaparan materi sebanyak 6 materi.

Mengangkat tema “Spirit Mahasiswa Berkemajuan dalam Mencerahkan Kampus Muda Mendunia Berdasarkan Al Islam Kemuhammadiyahan” Baitul Arqam mahasiswa ini adalah kegiatan penguatan al Islam dan Kemuhammadiyah (AIK) yang dilaksanakan untuk mahasiswa baru penerima beasiswa UMY. Mereka kelak menjadi duta-duta universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan persyarikatan Muhammadiyah/Aisyiah di kampung halamannya dan menjadi motor penggerak dalam kebaikan di daerah tinggalnya masing-masing.

Materi- materi yang disampaikan juga terdiri dari Manhaj Tarjih Muhammadiyah yang disampikan oleh Muhammad Khaeruddin Hamsin, Lc., LL.M., Ph.D., lalu Akhlak Pergaulan Generasi Millenial Islami yang disampaikan oleh Talqis Nurdianto, Lc., MA., Ph.D, MKCH Muhammadiyah Bagi Generasi Millenial yang disampaikan oleh Miftahul Haq, M.Ag., materi Peran Tauhid dalam Kehidupan Mahasiswa oleh Dr. Rohmansyah, S.Th.I.,M.Hum, materi Sekapur sirih manhaj tarjih Muhammadiyah oleh Muchlis Rahmanto, Lc,M.A serta UMY sebagai Media Dakwah dan Kaderisasi oleh Chusnul Azhar, S.Pd.I, M.Pd.I.

“Harapannya dengan adanya kegiatan Baitul Arqam  dapat menjadi awal perkaderan mahasiswa penerima beasiswa full study, dan menjadi bekal untuk mahasiswa dalam meningkatkan peran dakwah di kampus” ujar Khabibah selaku panitia kegiatan Baitul Arqam. (suf)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!