Seminar Bisnis Nasional 2024 “Innovate to Elevate: Powerful Teamwork in Business Ideation with Outstanding Design Thinking”

Startup and Business Incubator (SEBI) sukses gelar Seminar Bisnis Nasional 2024 di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachruddin B Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Rabu, 3 Januari 2024.

Kegiatan bertajuk “Innovate to Elevate: Powerful Teamwork in Business Ideation with Outstanding Design Thinking” dibuka oleh Indi Dwi Lutfitriani (master of ceremony). Selain itu, acara ini dihadiri oleh Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK) dan Dr. Siti Nur Aisyah, S.P. (Head of Startup & Business Incubator).

Dr. Siti menyampaikan laporan kegiatan kepada para peserta. Dalam penyampaiannya, Dr. Siti menyampaikan bahwa UMY memberikan privilege kepada mahasiswa untuk mengembangkan bisnis menjadi mahasiswa melalui inkubator bisnis. SEBI sebagai inkubator bisnis menyiapkan program inkubasi bernama “Vessel Program”. Pendaftar Vessel Program 2024 sebanyak 104 submission. Selain itu, dalam bisnis yang perlu dilakukan adalah act, learn, build.

Dalam sambutannya, Faris Al-Fadhat menyampaikan bahwa mahasiswa lulus mempunyai 3 pilihan.

“Setelah mahasiswa lulus memiliki 3 pilihan yaitu bekerja dan memiliki kompetensi; studi lanjut; atau menjadi entrepreneur (menjadi pengusaha atau punya mindset pengusaha)” ujarnya.

Selain itu, Faris menyampaikan bahwa perkembangan teknologi mempengaruhi pebisnis.

“Perkembangan teknologi mempengaruhi seorang pebisnis mungkin bisa saja digantikan oleh teknologi artificial inteligence (AI), tetapi satu hal yang tidak dapat digantikan adalah cara berfikir dan emphaty” tambahnya.

Vessel Program dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Faris Al-Fadhat dilanjutkan dengan menampilan video singkat Vessel Program dan foto bersama.

Seminar Bisnis Nasional 2024

Startup and Business Incubator (SEBI) memfasilitasi mahasiswa umum dan mahasiswa pendaftar Vessel Program dengan mengadakan Seminar Bisnis Nasional 2024 dengan tujuan untuk berinovasi untuk menjadi startup yang mampu membangun bisnis dengan design thinking sehingga mahasiswa mampu membangun bisnis yang human-centered dan dapat mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat.

Kegiatan seminar ini menghadirkan pemateri praktisi bisnis yaitu Rizqi Mulyantara HS (Chief Executive Officer of DigiTiket)

Dalam acara ini, Rizqi menyampaikan pentingnya design thinking. Design thinking penting agar suatu usaha bisa terus berinovasi, inovasi berangkat dari kebutuhan dan perubahan market yang ada. Design thinking memiliki 5 tahapan penting yaitu:

  1. Emphatize, yaitu learn about your audience artinya carilah siapa target market usahamu.
  2. Define, yaitu contruct point of view based on user needs artinya menemukan produk/jasa yang menyelesaikan permasalahan.
  3. Ideate, yaitu brainstrom and come up with creative solution artinya ide apa saja yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.
  4. Prototype, yaitu build representation of your ideas artinya merancang produk berupa sketsa, mockup, mininum viable product (MVP).
  5. Test, yaitu test your ideas artinya validasi/pengujian produk yang telah dirancang kepada target market.

Implementasi Design Thinking

  1. GoCampus Ambassador dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.
  2. Google Loon dari Google LLC.
  3. Gojek Swadaya dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Rizqi menyampaikan dengan tegas bahwa dalam membangun bisnis jangan pernah melupakan riset bisnis dan tahapannya.

“Dalam bisnis, kamu pernah riset apakah solusi kamu dapat diterima atau tidak” ujarnya.

“Ada 3 tahap riset yaitu riset pasar, riset keyword, dan riset produk” tambahnya.

Rizqi berpesan bahwa jangan pernah menyesal untuk mencoba berbisnis karena jalan pengusaha merupakan jalan paling rasional untuk menuju sukses (ysc).

https://sebi.umy.ac.id/2024/01/04/seminar-bisnis-nasional-2024-innovate-to-elevate-powerful-teamwork-in-business-ideation-with-outstanding-design-thinking-2/

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!