Meriahkan Milad UMY Ke-40 dengan Malam Refleksi

Semakin bertambahnya usia tidak menyurutkan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk terus mempertahankan eksistensinya di dunia Pendidikan. Di usianya yang telah memasuki tahun ke 40 ini, UMY termasuk universitas swasta yang terus meraih prestasi tanpa menghilangkan tradisinya.

Dalam memeriahkan perayaan Milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Ke-40, UMY mengadakan acara malam refleksi sebagai pembuka dari beberapa rangkaian acara milad, yang dilaksanakan pada hari Minggu (28/2) di Gedung Ar. Fachrrudin A Lantai 1 secara online melalui Zoom. Malam refleksi kali ini mengusung tema “Islam dan Sains: Refleksi dan Tantangan Pengembangan Keilmuan UMY di Usia ke-40 Tahun”.

Dihadiri oleh segenap petinggi UMY, Dr. Gunawan Budianto, M.P., IPM., selaku Rektor UMY dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas komitmen yang diberikan para civitas akademika kepada UMY.

Malam refleksi kali ini tidak hanya diisi oleh Prof. Agus Purwanto, D.Sc., selaku Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Teori Institut Teknologi Sepuluh Nopember sekaligus penulis buku “Ayat-Ayat Semesta”.

Prof. Agus menjelaskan tentang pentingnya mengimplementasikan ayat-ayat suci Al-Quran dalam pengembangan sains dan teknologi, saat ini umat muslim hanya focus pada pembahasan mengenai keagamaan namun abai mengenai persoalan alam. Sehingga diharapkan peran UMY kedepannya mampu mengkaji ilmu pengetahuan dengan mengkaji Al-Quran sebagai bentuk pengembangan ilmu pengetahuan dan memunculkan peneliti-peneliti baru yang mengambil strategi Islam sebagai dasar pengembangan selanjutnya, ujar Prof. Agus di penghujung materi.

Selain itu, diakhir acara panitia telah menyiapkan sejumlah doorprize untuk memeriahkan malam refleksi kali ini, yang nantinya nama-nama peserta akan di rolling untuk menentukan pemenangnya.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!