LAUNCHING UMY HEALTHCARE DAN SIMKESMA, GUNA PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN MAHASISWA UMY

Dalam rangka meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) baru saja meluncurkan aplikasi UMY Health Care dan SIM Kesejahteraan Mahasiswa (SIMKESMA) pada Jumat (24/12) di ruang sidang utama gedung Ar. Fachrudin A UMY. Aplikasi UMY Health Care adalah sistem pendukung program bantuan manajemen biaya kesehatan mahasiswa aktif ataupun karyawan UMY, yang diinisiai oleh Lembaga Pengembangan Karir dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) yang berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY. Sementara itu, SIMKESMA adalah sebuah sistem yang bertujuan mempermudah Rumah Sakit dan pengelola layanan kesehatan mahasiswa secara terintegrasi berbasis system informasi manajemen.
Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM.mengatakan adanya program ini sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. “Saya rasa program ini sangat bagus,dengan kekuatan jaringan yang sudah terkonsep matang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dilingkup sivitas akademika UMY khususnya,” tutur Gunawan.

Ia juga berkomitmen akan mengevaluasi program ini selama satu semester kedepan, apabila program ini cukup memuaskan, efektif dan efisien, maka akan membawa program ini lebih lanjut ke Majelis Dikti Muhammadiyah agar program ini bisa diperluas sehingga pelayanan kesehatan yang diterima semakin maksimal. Ia menuturkan jika program ini juga merupakan bagian dari follow up kerjasama antara UMY dengan beberapa rumah sakit mitra UMY.

Ia berharap dengan adanya program ini mampu meningkatkan pelayanan kesehatan yang diterima mahasiswa. “Semoga setelah program ini diresmikan akan ada pengembangan lebih lanjut agar program ini diaplikasikan dengan maksimal, dengan meningkatnya pelayanan kesehatan mahasiswa saya berharap orang tua mahasiswa tak ragu untuk menguliahkan anaknya di UMY karena dari segi kesehatan kami jamin fasilitasnya,” sambung Gunawan.

Sementara itu dr. Agus Widyatmoko, Sp.PD., M.Kes., Direktur Utama Rumah Sakit AMC Muhammadiyah, yang turut memberikan sambutan sebagai perwakilan rumah sakit yang bermitra dengan UMY, mengatakan program seperti ini menjadi contoh oleh perguruan tinggi. “Program seperti ini sangat bagus, dan saya rasa program ini perlu dicontoh oleh perguruan tinggi lainnya. Bagaimana sebuah perguruan tinggi yang memperhatikan kesejahteraan kesehatan SDMnya baik mahasiswa, pegawai mauapun tenaga pendidiknya,” ucap Agus.

Apresiasi yang sama juga datang dari direktur PKU Yogyakarta, dr. H. Mohammad Komarudin, Sp.A. Ia menilai program ini sangat mendukung sebagai pendamping di system jaminan kesehatan nasional BPJS. “Program ini sangat luar biasa, karena ini benar-benar sangat mendukung sebagai pendamping program jaminan kesehatan nasional seperti BPJS yang mungkin masih banyak kekurangnnya. Saya yakin dengan adanya program seperti ini juga bisa membantu meringankan beban rumah sakit,” paparnya.

Acara peluncuran UMY Health Care dan SIMKESMA ini ditutup dengan penanda tanganan kerjasama antara UMY dengan rumah sakit mitra diantaranya; RS. PKU Gamping, RS. PKU Yogyakarta, Klinik Pratama Firdaus, RSGM UMY dan RS. AMC.

umy

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara