Kenali Emosimu

Hallo sobat LPKA! Jangan lupa bersyukur untuk hari ini
Ada gak sih diantara kalian yang hidupnya lempeng-lempeng aja, terus gak punya emosi gitu? Pastinya gak ada ya. Manusia itu diciptakan memiliki emosi. Tapi ada yang bisa ngendaliin emosi dan ada yang sulit ngendaliin emosi. Nah emosi ini adalah cara buat ngebuang atau ngeluarin energi negatif dalam diri kita. Selain itu emosi juga bisa merubah atau mempengaruhi tingkah laku kita. Jadi kita mesti pandai-pandai nih buat mengelola emosi.
Nah emosi disini dibeda-bedakan berdasarkan jenisnya:

  1. Berkaitan dengan perasaan (perasaan dingin, panas, hangat, sejuk, dll).
  2. Berkaitan dengan kondisi fisiologis (sakit, meriang, dll).
  3. Berkaitan dengan kondisi psikologis (cinta, rindu, sayang, benci, dll).

Jika bicara soal emosi, banyak yang bilang bahwa emosi selalu diartikan dengan hal negatif. Padahal nyatanya, emosi ada juga yang positif. Terus apa sih emosi positif dan negative itu?
Emosi positif adalah emosi yang menghadirkan perasaan positif. Contohnya bahagia, cinta, harapan, romansa, keyakinan, dll. Sedangkan emosi negatif adalah emosi yang identik dengan perasaan tidak menyenangkan dan bisa ngebikin perasaan negatif. Contohnya takut, sedih, kecewa, gelisah, bersalah, dll.
Penting lho buat kita bisa ngendaliin emosi, apalagi ngeubah emosi negative jadi positif. Misalnya nih, marah diubah jadi semangat. Tapi kadang kebanyakan kita belum bisa ngendaliin emosi. Misalkan, pas mau menghadapi ujian, mestinya kita munculin emosi positif dengan belajar karena takut nilainya jelek. Tetapi banyak juga yang justru munculin perilaku negatif dari emosi yang muncul. Bukannya sibuk belajar tapi malah sibuk bikin contekan, karena takut nilainya jelek.
Nah sekarang cobalah buat ngendaliin emosi biar hidup yang kita jalani bakal bermakna positif. Selain itu emosi positif juga bisa membuat kita sehat. Kenapa? Karena perasaan yang kita munculkan selalu positif dan tidak ada beban.
Nah, buat sobat LPKA kalau kalian punya masalah jangan dipendam sendiri. Silahkan ceritakan ke teman, orang tua, atau orang yang kamu percayai. Bisa juga dengan bergabung bersama kami di UMY Konsultasi. Bisa langsung konsultasi ke ahlinya (psikolog) atau dengan konselor sebaya:
Nuha Nudiya Al Khonsa
Fikri Manalani Kurniasari
Info lebih lanjut silahkan hubungi:
Admin: 0858-9155-8548

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara