Jalan Sehat Serasa Masa UMY Jadi Sarana Kampanye Kesehatan Mental

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus memberikan perhatian bagi civitas academica-nya. Dalam agenda Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa (Serasa Masa) hari ini Selasa (27/2) UMY juga melakukan Kampanye Kesehatan Mental. Serasa Masa sendiri merupakan agenda rutin yang diadakan setiap minggu tepatnya di hari Selasa, namun pada kegiatan Serasa Masa hari ini sedikit berbeda.

Dalam kegiatan Serasa Masa ini, setelah mahasiswa melakukan kegiatan Jalan Sehat Bersama dengan rute dari Gedung AR Fakhrudin B menuju lapangan sepak bola UMY, dilanjutkan melewati Sportorium UMY dan diakhiri di halaman Gedung AR Fakhrudin A dan B Kampus Terpadu UMY untuk foto bersama. Barulah Kampanye Kesehatan Mental ini dimulai.

Dalam kampanye tersebut, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini diarahkan untuk memindai (scan) barcode yang telah disediakan oleh panitia. Setelah mahasiswa melakukan scan barcode, mahasiswa selanjutnya diarahkan untuk mengisi formulir secara online terkait kendala dan keresahan yang dirasakan. Berbekal data yang telah diisi oleh peserta Serasa Masa itulah kemudian akan dilakukan screening dan ditindaklanjuti oleh konselor dan psikolog yang ada di Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY. Khususnya bagi para peserta yang ingin bercerita (curhat) dan membutuhkan pendampingan.

Kepala LPKA UMY Dr. apt. Rifki Febriansah., S.Farm., M.Sc menjelaskan adanya Kampanye Kesehatan Mental ini bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli mahasiswa dan civitas academica UMY. “Tujuannya adalah sarana bagi civitas academica untuk bertemu, berkumpul kemudian bisa untuk relaksasi. Aktivitas jalan sehat, santai sambil ngobrol ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental bagi seluruh civitas akademica, sehingga semua yang hadir bisa meningkatkan rasa empatinya,” tutur Rifki.

Rifki juga berharap dengan agenda seperti ini seluruh civitas academica UMY dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohaninya. “Harapannya badannya sehat, jiwanya sehat, dapat makan gratis. Sehingga nantinya bisa memiliki kondisi yang lebih fit baik jiwa maupun raga untuk menjalani aktivitas setiap hari” harap Rifki (Ndrex).

https://www.umy.ac.id/jalan-sehat-serasa-masa-umy-jadi-sarana-kampanye-kesehatan-mental

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara