Alumni UMY Berkontribusi Luas, Inilah Peraih Awards UMY 2023

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menyebar ke berbagai pelosok, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dengan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat. Perhelatan tahunan “Alumni Awards UMY 2023” menjadi bukti betapa jangkauan pengaruh dan dedikasi alumni UMY terus berkembang.

Pada acara yang diadakan untuk memperingati prestasi alumni, beberapa tokoh yang berhasil meraih “Alumni Awards UMY 2023” berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Bangka Belitung, Tulang Bawang Barat Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Bogor, Kalimantan Selatan, Jakarta, dan Bengkulu.

Kepala LPKA, UMY Dr. apt. Rifki Febriansah, M.Sc, dalam sambutannya mengungkapkan Alumni Awards menjadi ajang yang semakin kompetitif setiap tahunnya. “Alumni UMY terus berkontribusi bagi masyarakat,” ungkapnya di Kampus UMY, Jum’at (16/2).

Adapun tema malam penganugerahan Alumni Awards 2023 bernuansa budaya Bali. Pembawa acara dan panitia kampus acara mengenakan pakaian adat Bali yang menggambarkan penjunjungan terhadap budaya yang ada di negeri ini. Selain itu Bali pun memiliki makna ‘kembali’ ke kampus, ke Muhammadiyah, dan masyarakat.

Rektor UMY, Prof. Dr. Gunawan Budiyanto, MP, menekankan pentingnya peran alumni dalam menjaga identitas serta nilai-nilai kemanusiaan yang diwariskan oleh almamater. Hal ini tercermin dalam upaya sosialisasi lagu mars UMY, yang mencerminkan semangat komitmen civitas akademika untuk persyarikatan, umat, dan bangsa.

Agus Kurnia Wibowo, pencipta Mars UMY, juga tidak luput dari penghargaan yang diberikan dalam acara tersebut. Hal ini menggarisbawahi pentingnya warisan budaya dan semangat kebersamaan yang menjadi landasan utama bagi para alumni UMY.

Badan Pembina Harian (BPH) UMY Arba Riksawan Qomaru, mengingatkan para alumni akan pesan KH Ahmad Dahlan untuk senantiasa berkiprah di mana pun mereka berada, dan jika memungkinkan, kembali ke pangkuan UMY serta Muhammadiyah, sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan agama.

Di antara para penerima “Alumni Awards UMY 2023”, terdapat tokoh-tokoh yang berasal dari berbagai fakultas, seperti Prof Dr. Eries Diyah Mustikarini, SP, MSi (Fakultas Pertanian); M. Febri Aryono, MPd (Fakultas Agama Islam); dr. Erna Yulianti (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan); drg. Abu Bakar, PhD (Fakultas Kedokteran Gigi); Farouq Assegaf (Fakultas Teknik); Letkol Inf Suhardi Aji, SE, Mhan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis); Iqbal Shoffan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik); Anshari Dimyati, SH, MH (Fakultas Hukum); serta Idi Warsah (Pascasarjana).

Para alumni tersebut ada yang berkiprah di pemerintahan maupun swasta, ada yang menjadi Kepala Dinas Kesehatan, pendiri sekaligus Dekan Fakultas Hukum, serta berkiprah di Militer. Termasuk berkiprah di dunia pendidikan sebagai guru hingga menjadi Rektor di kampus Negeri.

Selain itu, Prof. Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.  kategori Outstanding Alumni Award Tahun 2023, alumni Fakultas Agama Islam UMY tahun 1991. Ia merupakan salah satu alumni Fakultas Agama Islam UMY yang berhasil meraih gelar Guru Besar bidang Kajian Islam dan Gender di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang sampai saat ini masih aktif sebagai Dosen Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Ketua LPPA PP ’Aisyiyah periode 2022-2027.

Ia juga aktif di beberapa organisasi sebagai anggota Dewan di Yayasan Dharma Etika Madani Globethics Swiss, anggota Pengurus Pusat Pengarusutamaan Gender dan Hak Anak UIN Sunan Kalijaga, anggota Dewan Pembina ICRS dan juga menjabat sebagai sekretaris di Kalijaga Institute of Justice UIN Sunan Kalijaga. Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya adalah Anugerah Dosen Mutu UIN Sunan Kalijaga tahun 2022, peraih Fulbright Visiting Specialist Awards, dan Endeavour Award Australia tahun 2011.

Dengan keberagaman latar belakang dan bidang keahlian, para alumni UMY terus membuktikan bahwa semangat pengabdian dan menginspirasi. Serta memberikan dampak positif bagi masyarakat, sesuai dengan semangat dan visi UMY sebagai kampus Muda Mendunia. (Riz)

https://www.suaramuhammadiyah.id/read/alumni-umy-berkontribusi-luas-inilah-peraih-awards-umy-2023

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara