Suka Menjadi Pusat Perhatian? Kenali Gangguan Kepribadian Histrionik

Hallo sobat LPKA! Jangan lupa bersyukur untuk hari iniKamu tipe orang yang kayak gimana sih? Yang suka cari perhatian atau cuek? Kalau kamu tipe orang yang suka cari perhatian, penting buatmu untuk mengenali gangguan kepribadian histrionic.
Nah, gangguan kepribadaian histrionik termasuk golongan kelompok B gangguan kepribadian menurut DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders) Axis II. Orang yang memiliki gangguan kepribadian histrionik akan mudah bergaul dengan tujuan mencari perhatian dan menjadi pusat perhatian. Apa yang dikerjakan ditujukan agar dilihat dan dikasih penghargaan dari orang lain. Tapi disisi lain orang ini merasa lemah apabila ada ancaman untuk mengabaikan diri mereka dan orang lain tidak merasa minat dan memperhatikan dirinya.
Nah, disini ada beberapa hal yang perlu dikupas mengenai gangguan kepribadian histrionic. Apa saja itu?
Menurut Millon dan Davis (1996), ada delapan ciri-cirinya, yaitu:
1.Tingkah lakunya cenderung dramatis yang menimbulkan emosi tinggi.
2.Dalam pergaulan, mereka akan menunjukkan keindahnya biar bisa dipuji. Selain itu juga menggoda lawan jenis dengan menunjukkan godaan seksual. Ini dilakukan hanya buat bisa dapat feed back.
3.Tidak mampu mengenali dirinya dan tidak peka dengan masa lalunya. Tapi mereka akan lebih peka sama penolakan dan sikap orang lain terhadapnya, terkhusus pasangan.
4.Penampilan diri buat mereka adalah hal yang sangat penting. Mereka merasa bahwa dirinya yang paling menarik, baik, banyak digemari dan selalu bisa menciptakan gaya hidup menarik. Dan yang paling utama adalah penampilan fisik.
5.Rata-rata mereka tidak bisa berfikir logis, dewasa dan sulit nyelesein masalahnya serta pengalaman masa lalunya sudah dipendam.
6.Mereka biasanya susah menciptakan hubungan yang penuh perasaan dan makna. Kenapa? Karena apa yang mereka lakukan penuh dengan manipulatif.
7.Moody-an
8.Dalam menentukan arah hidupnya, biasanya tidak menentu dan tidak pasti. Mereka tidak punya plan hidup yang jelas karena hidupnya cuman terpaku pada pujian. Mereka juga tidak percaya diri buat hidup mandiri dan selalu bergantung pada orang lain.
Nah, buat sobat LPKA kalau kalian punya masalah jangan dipendam sendiri. Silahkan ceritakan ke teman, orang tua, atau orang yang kamu percayai. Bisa juga dengan bergabung bersama kami di UMY Konsultasi. Bisa langsung konsultasi ke ahlinya (psikolog) atau dengan konselor sebaya.
Info lebih lanjut silahkan hubungi:
1.Nuha Nudiya Al Khonsa : 0815-6590-374
2.Fikri Manalani Kurniasari : 0877-3643-9070

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Gelar Konser Perdana, PSM Sunshine Voice UMY Rayakan Perbedaan Dalam Pertunjukan Seni

Bentuk Nyata Sumabangsih Kaum Intelektual Muda Pada Bangsa, Menwa UMY Laksanakan Karantina Diksar

Mini Course Budgeting Plan 2024 “Mastering Budgeting Basics: A Practical Guide”

Workshop UI/UX Perspectives: Corporate Identity, Product, and User flow in Business 2024