Kompetisi Ide Kreatif Mahasiswa UMY (KIK-MU) Berhasil Sukses digelar untuk Kedua Kalinya

[siteorigin_widget class=”SiteOrigin_Widget_Image_Widget”][/siteorigin_widget]

Kompetisi Ide Kreatif Mahasiswa UMY (KIK-MU) adalah program kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan iklim  akademik yang kreatif, inovatif, visioner, solutif dan mandiri bagi mahasiswa UMY melalui Kompetisi Proposal Ide Kreatif Mahasiswa di bidang Penelitian, Pengabdian, Kewirausahaan, Karca Cipta dan Penerapan Teknologi serta Penulisan Artikel Ilmiah, Gagasan Futuristik dalam bentuk tertulis (Gagasan Tertulis) maupun Videografi (Gagasan Futuristik Konstruktif). Selain itu, Kompetisi Ide Kreatif Mahasiswa UMY yang telah sukses dilaksanakan untuk kedua kalinya ini merupakan  bentuk dukungan  dan kepedulian Universitas terhadap pemikiran kreatif mahasiswa.  Melalui program ini diharapkan juga dapat meningkatkan life skill bagi mahasiswa. Kompetisi ini secara resmi ditutup dengan menetapkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebagai Juara Umum, Sabtu (26/10) di Taman Pelataran Gedung A.R Fachruddin UMY.

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P menegaskan bahwa kompetisi ini harus sering dilaksanakan secara rutin. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan memfasilitasi minat mahasiswa untuk melakukan penelitian di berbagai bidang. UMY adalah salah satu universitas yang mempunyai tradisi  untuk rutin mengirimkan ratusan proposal penelitian tiap tahunnya yang dikirimkan ke dikti. “Kita harus menggunakan otak secara maksimal dengan berfikir secara kreatif. Dengan menggunakan otak kita secara baik, kemampuan untuk bersosial akan semakin baik pula,” ujarnya.

Sebagai perguruan tinggi yang berada di kota yang berisi oleh berbagai macam golongan, UMY dituntut untuk menjadi kampus yang menghasilkan lulusan berwawasan luas dan menghargai keberagaman. “Kita hidup di Yogyakarta sebagai kota yang penuh dengan keberagaman. Pemikiran terbuka dapat mengeratkan keberagaman dan toleransi,” imbuh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pengembangan Kreativitas dan Penalaran Mhasiswa (PKPM) Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Oki Wijaya, S.P., M.P. , menuturkan bahwa KIK-MU merupakan kompetisi yang berfungsi sebagai sarana bentuk berlatih mahasiswa untuk menghadapi Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). Untuk itu beliau berharap mahasiswa dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas ini. “Ini adalah miniatur PIMNAS, kompetisi ini kita buat agar kalian bisa bertarung dalam persaingan ide kreatif, yang mana nantinya diwujudkan dengan hasil yang terbaik,” imbuhnya.

Kompetisi tahun ini diikuti oleh sekitar lebih dari 250 proposal dari berbagai program studi. Hasil akhir menunjukkan bahwa FEB keluar sebagai juara umum. Berikut daftar perolehan juara, Fakultas Agama Islam (FAI) 3 medali, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 3 medali, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 9 medali, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) 2 medali, Program Vokasi 5 medali, Fakultas Hukum (FH) 1 medali, Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) 1 medali, Fakultas Pertanian (FP) 5 medali dan Fakultas Teknik (FT) 1 medali. (ak)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!