Vessel Camp 2022: Dream Big, Start Small, Fly High

Menyambung dari acara orientation day sebelumnya, hari minggu, 10 April 2022 menjadi langkah pertama bagi peserta Vessel Program yang di laksanakan oleh Startup & Business Incubator UMY. Dengan tema “Dream Big, Start Small, Fly High”, kami berharap dapat mendampingi peserta untuk mewujudkan mimpi besar mereka dimulai dengan sebuah langkah kecil. Dalam Vessel Camp ini, peserta diajak untuk mencari masalah apa yang akan diselesaikan dan bagaimana idenya akan dilaksanakan.

Ada 2 materi yang disampaikan pada acara Vessel Camp tahun ini. Materi pertama yaitu Design Thinking yang disampaikan oleh Andromeda Sindoro, Founder dan CEO dari Sweet Sundae dan Piaraa.id. Sweet Sundae merupakan perusahaan pembuat es krim dengan pemberdayaan peternak sapi perah sedangkan piaraa.id merupakan startup yang menjembatani peternak sapi perah dengan penyedia modal. Mas Andro, panggilan akrab beliau, menjelaskan bagaimana cara membuat barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh calon user / konsumen. Proses menggunakan design thinking dimulai dari proses emphatize, defini, ideate, prototype, hingga test. Setelah emaparan materi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencoba mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari bersama. Terakhir, peserta diminta untuk mempresentasikan hasil dari proses design thinking masing-masing kelompok.

Materi kedua adalah Business Model Canvas (BMC) yang disampaikan oleh Bapak Oki Wijaya, Founder dan CEO Creavill Consultant. Creavill Consultant merupakan konsultan yang berfokus pada pengembangan desa melalui penelitian, pelatihan, serta penyedia akses pemasaran secara integratif dan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat dalam mengembangkan usahanya baik menjadi penyedia lahan maupun sebagai tenaga kerja. Pada sesi 2 ini peserta diberikan materi tentang cara menyusun BMC mulai dari Customer Segment, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Activity, Key Resources, Key Partners, dan Cost structure. Sama seperti sesi 1, di sesi ini pun diakhiri dengan presentasi BMC masing-masing kelompok.

Selanjutnya semua kelompok diberi challenge untuk minggu pertama yaitu melakukan design thinking dan menyusun BMC. Ide ini yang akan mereka eksekusi sebagai bisnis mereka. Semangat terus Fellow Founders!

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara