TIM WIRAUSAHA MAHASISWA UMY BORONG PRESTASI DALAM AJANG KMI EXPO XII

Mahasiswa wirausaha Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih banyak prestasi dari berbagai kategori dalam ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII Tahun 2021, yang diselenggarakan Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 17-19 November 2021. Sebanyak dua ratus lima puluh satu (251) perguruan tinggi di seluruh Indonesia ikut meramaikan KMI EXPO XII yang acaranya terbagi menjadi dua; pameran secara langsung dan pameran virtual.

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) merupakan Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mengembangkan kemampuan dan jiwa berwirausaha mahasiswa Indonesia. Ada pun agenda utama program kewirausahaan yang dilaksanakan terdiri atas Workshop Kewirausahaan, Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia (ASMI), dan Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI) kemudian dilanjutkan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) sebagai puncak dan sekaligus acara penghargaan program kewirausahaan mahasiswa Indonesia. Beberapa kategori perlombaan KMI EXPO XII sebagai berikut; KMI Awards, StartUp Summit, dan Penghargaan PWMI terbaik, Kompetisi Poster, Essay, Business Case, Kompetisi Cafe Mahasiswa Indonesia (KCMI), Booth Sponsorship, dan TikTok Kewirausahaan.

UMY mengirimkan sebanyak empat belas (14) orang mahasiswa untuk mengikuti KMI EXPO XII secara langsung di Universitas Brawijaya. Empat belas mahasiswa yang didelegasikan terdiri dari tujuh (7) tim, diantaranya; Morica (KMI Award kategori KBMI Sub Makanan dan Minuman), Browsing Chips (KMI kategori KBMI Sub Makanan dan Minuman), Tarawangsa (KMI Award kategori KBMI Sub Industri Kreatif), Beribahasa (KMI Award kategori Umum Sub Jasa dan Perdagangan), Ombah (KMI Award kategori Umum Sub Produksi/Budidaya), Conect (KMI Award Kategori Umum Sub Teknologi) dan Summit Coffee (Kategori KCMI).

Seluruh tim telah berhasil melewati berbagai kegiatan selama mengikuti KMI EXPO XII di Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, Universitas Muhammadiyah Yogykarta berhasil meraih tiga (3) penghargaan dalam acara puncak KMI Expo XII 2021, yaitu tim Beribahasa meraih Juara 2 KMI Award Kategori Umum Sub Jasa dan Perdagangan, tim Conect meraih Juara 3 KMI Award Kategori Umum Sub Teknologi dan tim Summit Coffee meraih penghargaan Juara Harapan 1 KMCI.

Menurut Ibu Dr. Siti Nur Aisyah, S.P. selaku Kepala Divisi Inkubasi Bisnis dan Startup “Prestasi yang telah diraih mahasiswa wirausaha merupakan bentuk nyata dari komitmen Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) melalui Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan (SEBI) siap memfasilitasi, membina dan mendampingi kegiatan-kegiatan kewirausahaan mahasiswa untuk mewujudkan misi UMY yakni mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan, dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.” (Aul)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara