Tenang, Kamu Tidak Sendirian!

Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Tapi seringkali kita merasa sendiri bahkan saat berada di keramaian, kita juga merasa tidak diinginkan dalam suatu kelompok. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebab kita sering merasa sendiri bisa datang dari mana saja, baik dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut :

1) Pikiran yang kurang tepat pada keadaan
Ketika harus beradaptasi dengan keadaan baru , perasaan sendiri dan kesepian biasanya muncul. Hal ini akan berlalu seiring berjalannya waktu, akan tetapi terkadang perasaan itu bertahan. Tidak mudah untuk mulai berbicara pada orang lain apa yang dirasakan, akibatnya perasaan sendiri dan kesepian itu terasa semakin dalam.
2) Sulit berkomunikasi dengan orang lain
Ketika kita merasa sendirian dan tidak tau harus berbicara pada siapa, kita merasa sulit untuk mengungkapkan perasaan kita pada orang lain. Pikiran yang biasanya muncul saat kita ragu untuk bercerita adalah “Duh, orang lain pasti juga punya masalah. Jadi kenapa aku harus menambah masalah dengan menceritakan masalahku?” dan akhirnya kita semakin merasa kesepian.
3) Stres dan Depresi
Banyaknya masalah yang datang secara bersamaan membuat kita merasa stres dan berujung pada depresi. Perlu untuk berkonsultasi pada ahli agar masalah yang kita rasakan perlahan terselesaikan.
Lalu bagaimana cara agar tidak merasa sendiri?

Pertama, sebaik –baik motivator adalah diri sendiri, oleh karena itu kita bisa mencoba berbicara dengan diri sendiri dengan memberikan kalimat-kalimat positif yang akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Kedua, kita bisa berusaha berkomunikasi dengan orang lain, dimulai dari teman dekat kita. Mulailah dengan “ Aku sedang butuh teman curhat”, memang diawal sulit mengutarakan apa yang sedang kita rasakan, namun ketika kita menemukan orang yang tepat untuk berbagi, maka perlahan masalah kita terasa lebih ringan untuk dihadapi. Ketiga, jika kamu merasa masalahmu sudah berat, segera konsultasi ke konselor/ psikolog. Jangan ragu untuk melakukan konseling, karena yang terpenting saat ini adalah kesehatan mental mu.

“Coming together is a beginning; keeping together is progress; working together is success” -Henry Ford-

Percayakan Konseling LPKA UMY untuk membantumu.
Hubungi admin Konseling LPKA UMY!
Whatsapp: O858-9155-8548

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara