Pesawat Tanpa Awak Karya Mahasiswa UMY Sabet Juara 3 Nasional di KMI EXPO XIII Surabaya

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih penghargaan dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO XIII yang digelar di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN Veteran Jatim) di Surabaya pada tanggal 22 – 25 November 2022.

 Penghargaan tersebut diberikan kepada tim Aero Fun Research Technology (AFR-Tech) dengan predikat Juara 3 kategori StartUp Bertumbuh dalam Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM).

 Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menggelar ajang tahunan KMI EXPO yang ke-13 secara offline. KMI Expo digelar sebagai wadah bagi tim wirausaha mahasiswa untuk menunjukkan inovasi produknya. Peserta kegiatan ini merupakan tim kewirausahaan mahasiswa yang lolos pendanaan dalam seleksi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) yang diadakan oleh Belmawa di tahun 2022.

Tahun ini, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menjadi tuan rumah KMI Expo XIII yang berlangsung pada 22-25 November 2022 dengan tema “Entrepreneurship Change To Good Life”. KMI Expo XIII diikuti sekitar 351 perguruan tinggi, 951 produk usaha dan lebih dari 3000 mahasiswa peserta. Selain itu terdapat 402 booth pameran dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

 Pada ajang ini, UMY mengirimkan 5 (lima) tim mahasiswa P2MW dan 1 (satu) tim mahasiswa IWDM. Tim mahasiswa P2MW terdiri atas tim Medicare Fams (kategori Jasa dan Perdagangan), Inclue Indonesia (kategori Jasa dan Perdagangan), Compost Cube (kategori Teknologi Terapan), Kopi Jiwa Lain (kategori Makanan dan Minuman), dan Optimum Chips (kategori Makanan dan Minuman). Sedangkan, tim mahasiswa IWDM terdiri atas tim AFR-Tech (kategori Teknologi Terapan).

 AFR Tech merupakan penyedia jasa penyewaan dan servis unit pesawat serta pembuatan manufaktur pesawat tanpa awak atau Unmaned Aerial Vehicle (UAV) berjenis Fixed Wing dengan fitur Vertical Takeoff-Landing (VTOL) yang dapat terbang secara Atonomus oleh operator atau pilot yang berfungsi untuk pemetaan wilayah, dropping payload, serta inspeksi dan pemantauan dari udara. AFR menyediakan jasa penyewaan dan servis unit pesawat UAV. (Yossica) 

https://sebi.umy.ac.id/2022/11/28/pesawat-tanpa-awak-karya-mahasiswa-umy-sabet-juara-3-nasional-di-kmi-expo-xiii-surabaya/

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara