Pentingnya Bingkai Bagi UKM dan Lembaga Mahasiswa dalam Menghadapi SGDs

Sebanyak 31 Unit Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menjalani pelantikan dan serah terima jabatan untuk periode baru 2020/2021 di Ruang Amphi Teater Lantai 5 Gedung AR. Fachruddin B Kampus Terpadu UMY pada Kamis (5/11). Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube UMYogya.

Pesan dan harapan pun disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan AIK Prof. Hilman Latief, Ph.D, untuk mereka yang akan menjalani tugas sebagai ketua, wakil ketua, dan pengurus UKM serta Lembaga Mahasiswa UMY. “Saya berharap Anda tentu memiliki peran yang lebih strategis dalam mengembangkan UKM terutama di situasi pandemi. Saya senang dengan adanya pemberian penghargaan dari pihak kampus untuk UKM dan Lembaga Mahasiswa yang turut serta telah memberikan kontribusi baik untuk kemajuan UMY,” ungkapnya.

Ke depannya, Hilman ingin mahasiswa yang mengikuti dan aktif di UKM serta Lembaga Mahasiswa dapat terus bersaing di tingkat Nasional dan Internasional. Jadi, perlunya sebuah bingkai untuk mewadahi UKM dan Lembaga Mahasiswa agar mampu menghadapi Sustainable Development Goals, yaitu suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

“Saya ingin ada bingkai untuk UKM bisa mengikuti isu-isu terkini terkait formula dunia internasional yaitu Sustainable Development Goals (SDGs). Ada bidang kesehatan, lingkungan, ekonomi, sosial dan lainnya. Anda aktif di UKM tapi harus punya latar belakang pendidikan yang bagus. Ada program-program UKM yang spesifik bisa masuk ke dalam SDGs, jadi kami akan membingkai itu agar setidaknya dari 17 tujuan SDGs, mungkin satu atau dua yang bisa kita gapai bersama,” lanjut Hilman.

Sementara itu, Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY sebagai lembaga yang menaungi UKM dan Lembaga Mahasiswa mencatat, ada 800 pengurus baru yang akan menjalani masa jabatan periode 2020/2021. Namun baru setengahnya yang sudah berada di Yogyakarta dan bertugas untuk memajukan serta mengembangkan UKM dan Lembaga Mahasiswa UMY.

Pada acara ini pula, UMY melalui LPKA juga memberikan penghargaan untuk empat kategori kepada UKM dan Lembaga Mahasiswa yang selama periode 2019/2020 sukses menorehkan prestasi. Penghargaan tersebut diantaranya adalah; BEM KM UMY yang meraih prestasi bidang rekognisi, Residen Mahasiswa meraih prestasi bidang administrasi, UKM Pramuka meraih prestasi terbaik di bidang pengabdian, dan UKM Taekwondo meraih prestasi terbaik di bidang prestasi mandiri. (Hbb)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!