Orchestra dan Paduan Suara UMY Turut Meriahkan Milad 1 Abad PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki banyak unit kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa. Dengan banyaknya bidang yang dapat dipilih mulai dari olahraga, keilmuan hingga budaya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UMY sudah banyak mengukir prestasi dan kerap diundang untuk mengisi berbagai acara. Seperti pada acara milad satu abad Rumah Sakit Pembinaan Kesejahteraan Umat (RS PKU) Muhammadiyah Yogyakarta dimana dua UKM kesenian di UMY yaitu Sang Surya Philharmonic Orchestra (SSPO) dan Paduan Suara Muhammadiyah Sunshine Voice (PSM SSV) diundang untuk mengisi acara ini pada Selasa (14/3), di Sportorium UMY.

Kedua UKM ini diminta secara khusus untuk membawakan empat lagu dalam acara yang digelar di Gedung Sportorium UMY ini. Muhammad Muttaqien, S.I.Kom., M.Sn. selaku Kepala Divisi Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa yang dinaungi oleh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, mengatakan bahwa baik SSPO dan PSM SSV telah melakukan perpaduan yang apik selama acara milad berlangsung.

“Kami melakukan persiapan yang dapat dikatakan memakan waktu yang cukup singkat, sekitar satu bulan dan beberapa hari. Dan alhamdulillah selama acara milad berlangsung tidak ada kendala yang berarti, semua berjalan dengan lancar,” ujar Muttaqien.

Sebagai UKM yang berfokus di bidang kesenian, PSSO dan PSM SSV memang sering diundang untuk memberikan penampilan di berbagai acara. Muttaqien pun mengaku senang akan hal ini. “Senang sekali rasanya dapat melihat teman-teman mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk tampil di berbagai acara, khsusnya acara di luar kampus,” ungkapnya.

Menurut Muttaqien, LPKA yang mengepalai seluruh UKM di UMY akan terus memberikan dukungan agar UKM dapat terus berprestasi. “Insya Allah kami melalui LPKA akan berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan fasilitas, anggaran hingga pelatihan rutin yang profesional demi menunjang kegiatan yang mahasiswa lakukan,” imbuhnya. Seperti pada acara milad RS PKU Muhammadiyah ini dimana LPKA terlibat secara langsung dalam proses latihan hingga penampilan.

“Sebagai bagian dari UKM di UMY, SSPO dan PSM SSV berada langsung di bawah koordinasi dari LPKA. Setelah mendapat mandat dari pimpinan universitas untuk tampil di acara milad ini, divisi pengembangan minat dan bakat mahasiswa langsung mengkoordinasikan teman-teman mahasiswa SSPO dan PSM SSV untuk segera melakukan latihan gabungan dengan teman-teman PSM dari universitas lain, yaitu dari Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Aisyiyah,” jelas Muttaqien.

Salah satu mahasiswa yang merupakan anggota dari PSM SSV, Ridho Nur Ramadhan mengungkapkan rasa senangnya dapat tampil di acara milad RS PKU Muhammadiyah. “Bagi saya, ini merupakan suatu momen yang mungkin tidak bisa diulang kembali, karena ini merupakan milad satu abad. Jadi ini momen yang sangat spesial,” ujar Ridho. Ia pun berharap agar ke depannya, LPKA dapat lebih banyak memberikan kesempatan khususnya kepada UKM kesenian untuk dapat tampil di acara formal seperti ini. Karena menurutnya, UKM kesenian belum mendapatkan banyak kesempatan tampil semenjak pandemi usai.

“Dengan banyak tampil di berbagai acara, sekaligus dapat melatih mental anggota SSV sebagai penyanyi agar dapat bernyanyi dengan baik di depan umum,” pungkasnya. (ID)

https://www.umy.ac.id/orchestra-dan-paduan-suara-umy-turut-meriahkan-milad-1-abad-pku-muhammadiyah-yogyakarta

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara