Menjadi Pribadi Optimis

Setiap manusia pasti memiliki cita-cita dan harapan, namun ada kalanya apa yang terjadi dalam hidup tidak sesuai dengan harapan kita. Seringkali kita merasa sedih, putus asa, bahkan sampai menyerah. Jika hal ini dibiarkan terus menerus akan membuat kita terpuruk dan akhirnya kita menjadi pribadi yang tidak berkembang.

Penting bagi kita untuk memiliki sikap optimis. Apa itu optimis?

Lopez dan Snyder berpendapat optimisme adalah suatu harapan yang ada pada individu bahwa segala sesuatu akan berjalan menuju kearah kebaikan. Perasaan optimis membawa individu pada tujuan yang diinginkan, yakni percaya pada diri dan kemampuan yang dimiliki. Sikap optimis menjadikan seseorang keluar dengan cepat dari permasalahan yang dihadapi karena adanya pemikiran dan perasaan memiliki kemampuan juga didukung anggapan bahwa setiap orang memiliki keberuntungan masing-masing.

Dengan kata lain, optimis membuat kita selalu percaya dan yakin pada kemampuan diri sendiri. Saat menghadapi masalah, seseorang yang memiliki sikap optimis akan mudah bangkit kembali dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Sikap optimis membuat kita fokus pada pencapaian diri di masa sekarang dan masa depan, tidak terjebak pada kesalahan masa lalu.

Memiliki sikap optimis tidak bisa dilakukan secara instan, kita perlu membiasakan diri untuk bersikap optimis. Ada beberapa cara bersikap optimis yang bisa kita terapkan, diantaranya :

  • Berpikir positif
  • Mengambil hal baik dari setiap kejadian
  • Berhenti menyalahkan diri sendiri
  • Berfokus pada masa sekarang dan masa depan
  • Bergaul dengan orang-orang berpikiran positif

Yuk mulai membiasakan diri menjadi pribadi yang optimis, berani memulai hal baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik J

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!