Mengelola Emosi dengan Baik

Emosi seringkali diidentikkan dengan sikap “marah”, padahal emosi sendiri memiliki beberapa bentuk lho! Contoh emosi yang lain adalah rasa bahagia, sedih, jijik, terkejut dan takut. Emosi berperan penting bagi kehidupan setiap manusia. Misalnya, emosi memengaruhi cara kita berhubungan dengan orang lain dan berperan ketika kita mengambil suatu keputusan. Dengan memahami emosi, kita dapat lebih memahami dampaknya terhadap perilaku dan mengetahui cara untuk mengendalikannya.

Perlu diketahui bahwa mengelola emosi itu penting karena akan membuat kita lebih memahami keadaan diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Dengan kemampuan mengelola emosi yang baik membuat kita terhindar dari perilaku impulsif yaitu melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan akibatnya.Mengelola emosi yang baik tidak terlepas dari aspek-aspek yang harus diperhatikan, diantaranya :

  1. Kesadaran emosional

Kamu bisa mencoba untuk mulai menyadari dan mengetahui emosimu dan emosi orang lain, bagaimana mereka memengaruhimu dan emosi apa yang muncul ketika kamu berada di suatu keadaan tertentu. Selanjutnya kamu bisa menilai dirimu dan mengambil keputusan yang tempat dalam kondisi tertentu.

  1. Manajemen diri

Manajemen diri yaitu memiliki kemampuan untuk mengatur emosi yang sedang dirasakan, menghindari pemikiran impulsif dan memanfaatkan emosi yang dirasakan untuk mengambil keputusan yang positif.

  1. Manajemen hubungan

Ketika kamu sudah bisa mengatur emosimu sendiri, kamu bisa mengatur hubunganmu dengan orang di sekitarmu dengan baik dan dapat berempati sehingga akan terbangun hubungan sosial yang positif.

Ternyata ada banyak macam emosi yang dirasakan oleh manusia, oleh karena itu kita harus mulai mengasah kemampuan mengelola emosi. Yuk belajar kelola emosi mu dari sekarang!

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara