MEMPERINGATI HARI KOPERASI KE-74, UKM UMY RAIH PRESTASI MEMBANGGAKAN

Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa (UKM KOPMA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih prestasi Juara 2 Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian Tingkat SLTP, SLTA/SMA dan Perguruan Tinggi Kota Yogyakarta tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta.

Ajang lomba tangkas terampil ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi Kota Yogyakarta guna memperingati Hari Koperasi yang ke-74. Selain itu, kegiatan ini menjadi sarana peserta didik menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkoperasian. Acara diadakan selama 2 hari dari tanggal 7 hingga 8 September 2021 bertempat di Hotel Tasneem Convention Yogyakarta dan diikuti oleh 20 peserta. Kegiatan dilakukan secara hybrid (daring dan luring) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, yakni dengan memakai masker, menjaga jarak dan mempersingkat waktu saat acara berlangsung.

“Lomba ini juga bertujuan untuk menjalin keakraban antar sesama peserta didik di Kota Yogya,” Tri Karyadi Riyanto, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. dalam sambutanya, Selasa (7/9/2021).

Dalam lomba yang digelar selama dua hari ini dimulai dengan tes tertulis pada hari pertama untuk mendapatkan 3 tim yang berhak melaju ke babak final.

“Selanjutnya untuk mendapatkan Juara I akan diperebutkan secara langsung pada hari Rabu, (7/9/2021),” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya lomba tersebut dapat membantu para generasi muda mengenal lebih baik tentang manfaat koperasi, misalnya sikap gotong royong dan saling bantu dalam memenuhi kebutuhan.

“Juga sebagai sarana pengenalan terhadap dunia bisnis, hingga melatih disiplin, tanggung jawab, serta sikap untuk saling bekerja sama,” katanya.

Pihaknya menyebut, salah satu yang paling utama perlu diketahui oleh generasi muda, bahwa koperasi merupakan suatu badan usaha. Untuk itu, diperlukan keseriusan dalam pengelolaannya, sebagai lembaga ekonomi ataupun bisnis.

Kopma UMY mendelegasikan 2 anggotanya untuk mengikuti ajang tersebut yakni Winda Damayanti dari Program Studi Ekonomi 2019 dan Indah Rahmawati dari Program Studi Manajemen 2020. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, Kopma UMY berhasil keluar sebagai Juara 2 Lomba Tangkas Terampil tingkat Perguruan Tinggi se Kota Yogyakarta, Juara 1 diraih oleh Kopma UAD dan Juara 3 diraih oleh Kopma UII. “Harapannya, melalui prestasi ini, bisa sebagai motivasi buat generasi muda penerus bangsa agar terus berinovasi dan berkreasi baik secara individu maupun organisasi, ucap Faruq”.

(Aul)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara