MAHASISWA UMY IKUTI PELATIHAN DAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI TURKI

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendelegasikan dua mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan dalam Program International Youth Leader (IYL) Batch 31 tahun 2021 di Turki.

Merupakan pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang diselenggarakan oleh CV. International Youth Leader yang bergerak di bidang Student Exchange, Leadership Camp dan Halal Tour and Travel. Program Youth Leader diadakan untuk melatih calon pemimpin muda yang memiliki potensi agar mandiri dan siap bersaing di kancah Nasional maupun Internasional. UMY mengirimkan dua mahasiswanya yaitu Ahmad Qasim Nurseha (Teknologi Informasi, 2019) dan Rizki Akbar Nasution (Ilmu Hukum, 2018) untuk menimba ilmu dalam program tersebut selama 7 hari, mulai dari tanggal 23 sampai 29 September 2021 di Turki. Rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi Research market, industry visit, Exchange culture of Turkey, Social project, Youth project, group presentation, Leadership class with keynote speaker dan Inspiring talkshow.

Visi dari program ini yaitu menggali potensi pemuda sebagai pemimpin umat yang unggul dalam prestasi, profesional dalam bekerja, berakhlakul karimah dalam perilaku, dan siap bersaing di kancah Internasional. Selain visi, program ini memiliki misi untuk membangun karakter kepemimpinan pemuda indonesia, mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri, menciptakan cara berpikir inovatif dalam pemecahan masalah dan mempersiapkan keterampilan dalam berwirausaha yang akhirnya dapat membuka jaringan di pasar internasional.

Dalam program tersebut, ada program pendukung lain diantaranya Student Exchange yaitu Pertukaran pelajar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari universitas diseluruh Indonesia. Student Exchange bertujuan untuk melatih pemuda yang memiliki potensi agar mandiri dan siap menjadi pemimpin yang bersaing di kancah internasional serta sebagai sarana untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia ke luar negeri.

Selanjutnya yaitu program leadership camp, program pendampingan dan pelatihan kepemimpinan dari segi kemandirian dan berpikir inovatif. Didalamnya memuat tentang melatih kedisiplin waktu, public speaking, kelas kepemimpinan, seminar, dan market research.

Terakhir adalah program Halal Tour and Travel, merupakan program kunjungan ke tempat sejarah islam seperti masjid dan museum. Kelebihan dari program ini yaitu disiplin ketika waktunya sholat, makanan dipastikan halal dan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah umat Muslim.

Sepulang dari mengikuti program International Youth Leader, mahasiswa tersebut mendapatkan pengalaman, pendidikan dan ilmu terkait Kepemimpinan. Harapannya, kemudian bisa ditularkan dan diamalkan kepada rekan-rekan mahasiswa yang lain, sehingga mahasiswa-mahasiswa Indonesia khususnya UMY bisa menjadi generasi penerus bangsa yang amanah dan bijaksana.

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara

UMY Gelar Seremonial Penerjunan PPK Ormawa 18 Ormawa Siap Beraksi untuk Masyarakat

Selamat dan Sukses! 20 Tim Berhasil Lolos Seleksi Internal PT pada Program P2MW 2024!