Mahasiswa UMY Borong 14 Penghargaan Disporseni Nasional UT 2021

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih Juara Umum pada perhelatan kegiatan Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni Nasional Universitas Terbuka 2021 (Disporseni Nasional UT 2021). Kontingen UMY berhasil meraih 14 juara dari 16 cabang yang dilombakan.

Disporseni Nasional UT 2021 yang merupakan bagian dari rangkaian Kegiatan Dies Natalis Ke-37 Universitas Terbuka ini berlangsung selama bulan Juli hingga bulan Agustus 2021. Mengusung tema “Meningkatkan Kesuksesan Mahasiswa melalui Integritas, Sportivitas, dan Kreativitas” dan diselenggarakan secara daring (online). Kegiatan ini diikuti oleh 40 Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) dan juga diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang diundang oleh Universitas Terbuka. Kegiatan ini menjadi tujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang ilmiah, olahraga, dan seni juga menjadi ajang pencarian bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa.

Kontingen mahasiswa UMY berhasil meraih prestasi dari beberapa cabang perlombaan, diantaranya Juara 1 lomba seni suara kategori solo putra oleh Panggih Abdi Ekonomi 2019,  Juara 3 lomba seni suara kategori solo putri oleh Yusi Era Ekonomi 2018, Juara harapan 1 lomba seni suara kategori duet oleh Aditya Pratama Pendidikan Agama Islam (PAI) 2020 dan Afra Arwinda Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) 2019, Juara 1 lomba seni suara kategori vocal group oleh Dinanti Hubungan Internasional (HI) 2019, Siraj HI 2020, Maisyaputri Kedokteran Gigi 2020, Reynaldi KPI 2020 dan Intan HI 2018, Juara 3 lomba kisah inspiratif oleh Syilvia Herlina KPI 2018, Juara 3 lomba video pendek kategori individu oleh Lina Mahmudah Ilmu Komunikasi 2017, Juara 2 lomba video pendek kategori kelompok oleh Umar KPI 2019, Silmy Ilmu Komunikasi 2020, Ahmad Manajemen 2020 dan Della KPI 2018, Juara 3 lomba master of ceremony kategori formal oleh Amir Hamzah KPI 2018), Juara 2 lomba master of ceremony informal oleh Amy Istiqlala KPI 2017, Juara 2 lomba debat bahasa inggris kategori best speaker oleh M. Rezha Zulfachryan HI 2020, Juara 2 lomba debat bahasa inggris oleh M. Rezha Zulfachryan HI 2020 dan Gina Awwabina HI 2018, Juara 2 lomba debat bahasa Indonesia kategori pembicara terbaik oleh Aufa Hubungan Internasional 2020, Juara 2 lomba debat bahasa Indonesia oleh Dila Gustinova HI 2020 dan Aufa Septian HI 2020 dan Juara 2 lomba pidato oleh Yocky Fauzy HI 2020.

Rozikan, S.E.I., M.S.I., Kepala Divisi Pengembangan Minat dan Bakat, Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Periode 2018-2021 sekaligus Penanggung Jawab Kontingen Mahasiswa UMY menjelaskan bahwa pada Disporseni kali ini para peserta berasal dari anggota-anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang masih berada di Yogyakarta. UKM yang berpartisipasi diantaranya UKM Tari, Sunshine Voice, KINE, CIKO, LPTQ, Mujaddid, Student English Activity (SEA), dan lain-lain. “Tapi ada juga beberapa peserta yang direkrut melalui open recruitment. Hal ini dilakukan untuk memancing para mahasiswa yang memiliki bakat namun belum bisa aktif dalam UKM,” ungkapnya saat ditemui oleh BHP UMY, Kamis (09/09). (dikutip langsung dari berita UMY)

Dalam Disporseni ini, UMY melalui LPKA dan Divisi Pengembangan Minat dan Bakat memberikan fasilitas penuh kepada para peserta. Mulai dari fasilitas dana, perlengkapan dan peralatan, mengontrak pelatih, serta memberikan bimbingan dan pelatihan. “Dengan mengikuti perlombaan seperti Disporseni ini, mahasiswa tidak hanya berpartisipasi untuk membantu kampus dalam Pemeringkatan Kemahasiswaan Universitas (Simkatmawa) namun juga membantu dirinya sendiri dalam hal portofolio,” imbuhnya.

Selain itu, UMY juga memberikan apresiasi kepada para pemenang dengan memberikan klaim prestasi melalui LPKA. Rozikan menambahkan bahwa Universitas akan memberikan dukungan dan fasilitas terbaik kepada para mahasiswa yang ingin mengikuti lomba baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, untuk itu mahasiswa diminta jangan ragu atau takut untuk mengikuti perlombaan.

 

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara