MAHASISWA KOMUNIKASI RAIH JUARA 3 PADA FESTIVAL KREATIF GENERASI ANTI PENCUCIAN UANG 2021

Meski di tengah pandemi, upaya untuk meraih prestasi bagi mahasiswa tidak pernah surut. Mahasiswa ilmu komunikasi UMY kembali meraih prestasi pada ajang perlombaan Festival Kreatif Generasi Anti Pencucian Uang 2021 yang dilaksanakan pada 10 Juni – 31 Agustus 2021. Pelombaan ini diadakan oleh salah satu badan pemerintahan yaitu Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Indonesia. Perlombaan ini terdapat dua kategori yaitu iklan layanan masyarakat dan pembuatan poster. Pada perlombaan kali ini, UMY meraih juara 3 pada kategori perlombaan iklan layanan masyarakat diwakili oleh Aji Nurseto (Ilmu Komunikasi 2020).

“Awalnya ikut lomba ini cumin karena gabut aja, lagi scroll-scroll instgaram gitu, terus nemu deh ini, eh ada lomba video, yang dulu waktu SMA, aku notabennya sering ikut lomba video gitu, terus aku mikir, kayak asik kali yaa ikut lomba lagi, produksi yang bener-bener serius lagi untuk lomba, karena udah lama gak produksi serius untuk keperluan lomba”kata Aji

Perlombaan iklan layanan masyarakat ini mengambil tema tindak pidana pencucian uang. Pelombaan dilaksanakan secara daring dengan mengupload video yang telah diproduksi ke akun sosial media Instagram dan youtube serta link dikirim melalui gform dan email. Pengumaman penjuaran diumumkan melalui live streaming youtube.

“Untuk persiapannya dibutuhkan waktu satu bulan setelah poster perlombaan muncul, terus aku mikir wah asik nih ikut lomba iklan layanan masyarakat tapi dibuat konsep lain, terus aku mikir-mikir apa yang menarik, oh musical aja, jadi dibuat kayak lagu gitu dan ada visualnya gitu, udah t uterus aku buat breakdown, setelah jadi, aku minta bantuan temen-temen deket untuk bantuin waktu syuting” ujar Aji.

Aji menambahkan untuk kesusahan mungkin karena pertama kali menggunakan konsep musical yang harus berfokus kepada kecakapan lagu, ini jadi pengalaman yang baru bagi Aji serta ketika syuting cukup nervous karena harus terpacu oleh waktu.

Aji berpesan untuk mahasiswa jangan takut untuk mencoba hal baru, walaupun nantinya tidak mendapatkan kesempatan untuk menangpun juga tidak masalah karena nantinya akan dapat ilmu baru juga yang penting prosesnya selain itu jangan sia-siakan kesempatan yang sudah ada. (suf)

 

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=sK3DRsl0GDM

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara