Lolos Tingkat Wilayah, Perwakilan UMY Siap Bertanding di Tingkat Nasional

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih peringkat tiga untuk LL-Dikti Wilayah V dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2021. Ajang ini merupakan kompetisi debat Indonesia yang digelar Kemendikbudristek.

Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Oki Wijaya mengatakan, UMY juga meraih peringkat pertama lingkup perguruan tinggi swasta. Setelah ini, mereka akan ke tingkat nasional hadapi juara masing-masing wilayah.

Kompetisi yang berlangsung daring pada 28 Juni-3 Juli lalu ini diikuti Aufa Septian dan Dila Gustinova sebagai debaters dan Alya Maharani sebagai juri institusi. Tiga orang itu merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Hubungan Internasional UMY angkatan 2020. Selama kompetisi, Oki menekankan, UMY melalui LPKA, khususnya Divisi Minat Bakat, terus memberikan dukungan-dukungan kepada mahasiswa. Dukungan diberikan antara lain dalam bentuk pembinaan, menghadirkan mentor, bantuan dana dan penyediaan logistik.

Selain KDMI, UMY juga berhasil meloloskan tim debat lain dalam kompetisi National University Debating Competition (NUDC) 2021 untuk bersaing di kancah nasional. NUDC merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris yang juga diadakan Kemendikbudristek.

Oki berpendapat, prestasi yang diraih ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi universitas dan patut diberikan apresiasi yang tinggi. Namun, ia berpesan kepada mahasiswa yang mengukir prestasi agar setelah ini bisa tetap rendah hati. “Harapan saya mahasiswa yang bisa menorehkan prestasi tidak lupa terhadap almamater , sehingga kita bisa bersama mengembangkan kampus dan membina junior dan saat lulus nanti dapat memberikan kesan luar biasa. Iklim kompetisi di kampus juga terbentuk,” kata Oki, Kamis (8/7).

 

(sumber : republika.co.id)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara