KEMAHASISWAAN UMY RAIH PERINGKAT 10 NASIONAL DAN JADI PTS TERBAIK NASIONAL 2021

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menduduki peringkat 10 Nasional dalam penilaian Sistem Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) tingkat nasional tahun 2021.

Simkatmawa merupakan program evaluasi tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan yang sekaligus menjadi sarana bagi perguruan tinggi untuk melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa. Diharapkan, melalui program tersebut dapat mendorong perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara organisasi maupun prestasi mahasiswa.

Aspek-aspek yang harus dilengkapi oleh kemahasiwaan selain prestasi yakni meliputi rekognisi mahasiswa, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, publikasi akademik dan non akademik, proyek penelitian dan kegiatan mental kebangsaan. Terdapat beberapa penyesuaian penilaian, terutama terkait dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dengan tetap menilai kinerja program bidang kemahasiswaan yang telah berjalan, yaitu kesiapan kelembagaan maupun prestasi mahasiswa dalam kegiatan.

Berdasarkan file dan dokumen yang telah dikumpulkan oleh tim taskforce LPKA UMY, melalui sistem http://simkatmawa.kemdikbud.go.id/ menyatakan bahwa UMY berada dalam peringkat 10 besar nasional se Indonesia.

Menurut Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D., wakil rektor bidang kemahasiswaan, alumni dan AIK “Sungguh pencapaian yang sangat membanggakan untuk semuanya, Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh mahasiswa yang telah berkontribusi mensukseskan kegiatan Pemeringkatan Kemahasiswaan ini”.

“Harapannya, semoga capaian ini bisa menjadi cerminan demi menatap pembelajaran ditahun 2022 yang akan datang”. “Sekali lagi terima kasih kepada seluruh mahasiswa, dosen, prodi fakultas dan seluruh sivitas akademika UMY telah mengharumkan nama kampus tercinta UMY” tuturnya.

Dr. Siti Nur Aisyah, S.P., sebagai ketua tim taskforce pemeringkatan simkatmawa menambahkan “pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak yang terkait dan juga kolaborasi dan sinergi yang kuat dari pihak mahasiswa hingga sampai ke Universitas”. (Aul)

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara