FREE-RIDERS

Hallo sobat LPKA!!

Bagaimana kabar hari? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan luar biasa.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah kalian dapat di hari ini yaah.

Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Free-Riders? Free-Riders atau penumpang gratis, biasa diartikan dengan mereka yang sering kali hanya mengambil sebuah keuntungan. Nah yuk sobat kita gali lebih dalam lagi apa yang di maksud dengan Free-Riders itu!

Menjadi mahasiswa aktif, pastinya sudah tidak heran lagi apabila dihadapkan dengan tugas-tugas perkuliahan. Tugas perkuliahan baik yang bersifat individual maupun tugas yang bersifat kelompok. Namun, permasalahan-permasalahan yang ada justru sering kali muncul berada di tugas perkulihan yang bersifat kelompok. dalam menyelesaikan tugas kelompok pastinya ada saja salah salah satu anggota yang tidak ingin membantu atau hanya ingin menerima hasil dan nilai saja. Dan ini lah kebanyakan permasalahan yang ada dalam menyelesaikan tugas kelompok Sehingga mengakibatkan konflik antar anggota kelompok tersebut. Ini lah yang disebut dengan Free-Rides. Bagaimana sobat, apa kalian pernah dalam situasi ini?  Lalu bagaimana sih cara mengatasi permasalahan tersebut?

Ada 3 tips nih sobat untuk menghindari serta menangani Free-Rides.

Pertama, membuka dan menjaga komunikasi dalam kelompok. Adakalanya Free-Riders itu muncul dikarenakan kurangnya komunikasi dan keterbukaan dari tiap-tiap anggota kelompok. Apabilasuatu kelompk selalu membuka ruang komunikasi maka akan lebih mudah dalam mengetahui penyebab anggota kelompok menjadi Free-Riders.

Kedua, Pembagian tugas kelompok. Pembagian tugas kelompok ini dilakukan agar setiap anggota kelompok memiliki rasa tanggung jawab dengan tugas yang mereka miliki. Dengan begitu setiap anggota kelompok akan ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas tersebut dan pastinya tugas kelompok pun akan selesai tepat waktu.

Ketiga, Saling mengingatkan. Jangan lupa untuk saling mengingatkan antar anggota kelompok mengenai tanggung jawab tugas yang telah dibagi. Tenang, tidak ada salahnya kok untuk saling mengingatkan anggota kelompoknya. Jadi jangan takut untuk mengingatkan anggotanya yah.

Jadi, yuk sobat kita hindari adanya Free-Riders dengan melakukan 3 tips diatas!!

 

Kalau sobat LPKA perlu bantuan bisa langsung ke UMY konsultasi.

Disini mahasiswa/i bebas mau curhat atau konsultasi hal apapun dijamin aman.

CP Konselor: 085891558548

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara