DUA TIM MRC UMY SIAP BERTANDING PADA KRI NASIONAL 2022

Tim robotika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung pada Microcontrollers and Robotics Club (MRC) akan mengikuti perlombaan kontes robotika nasional 2022 yang akan dilaksanakan 29 Juni 2022 sampai 03 Juli 2022 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya secara daring. Kali ini UMY mengirimkan 2 tim pada kategori Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan juga kategori Kontes Robot Speak Bola Beroda Indonesia (KRSBI-B).

“Untuk ide kami mengikuti tema yang sudah ada yaitu robot otonom berkaki, dimana robot yang kami buat yaitu robot pemadam api dan menyelamatkan korban kebakaran” ujar Adina selaku ketua robot kategori KRSRI.  Adina juga menambahkan untuk riset sudah dilakukan cukup lama dan untuk penyelesaian robot dibutuhkan waktu 3 bulan.

“Untuk inovasi sendiri, yang lumayan besar itu perubahan pada kaki robotnya, karena tahun kemarin menggunakan enam kaki dan untuk sekarang menggunakan empat kaki agar pergerakannya lebih fleksibel dan lebih cepat” ujar Ihsan selaku anggota dari tim robot KRSRI.

“Robot sepak bola beroda itu misinya untuk mencetak gol, jadi penilaiannya bagaimana cara kita untuk mencetak gol yang banyak di gawang musuh, untuk robotnya ada tiga, setiap tim tiga, dua robot penyerang dan satu robot kipper” kata Andhika selaku anggota divisi sepak bola beroda. Andhika juga menambahkan untuk mempersiapkan robot ini memerlukan waktu 2 sampai 3 bulan.

“Untuk dari sisi teknisnya, namanya kita robot, hambatan-hambatan dalam sisi teknis bisa berubah-ubah, kadang kita terhambat di driblenya, kadang juga di penendangnya, yang kadang kurang akurat dalam melakukan tendangan, tapi overall sudah dapat diatasi semu” ujar Agus selaku anggota di divisi sepak bola beroda.

“Harapannya nanti waktu lomba, simple aja sih, semoga robotnya gak eror” ujar Ihsan selaku anggota tim robot KRSRI. Selain Ihsan, Andhika selaku anggota tim robotika sepak bola beroda juga berharap semoga bisa dapat menujuarai perlombaan KRI tahun ini. “Harapannya yang pasti ingin juara, target utama jelas juara, kalau semisal gak juara semoga bisa memberikan hasil yang terbaik”tutup Andhika. (suf)

 

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara