Dua Mahasiswa Farmasi UMY Raih Juara 1 pada Scientific Essay Pharmaceutical Outstanding Remarkable Competition 2022

Dua mahasiswa farmasi Universitas Muhhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih juara 1 pada Scientific Essay Pharmaceutical Outstanding Remarkable Competition 2022. Diwakili oleh Dita Dwi Zanatus Nur Aini mahasiswa S1 Farmasi 2020 serta Dhecella Winy Cintya Ningrum mahasiswa S1 Farmasi 2019 perlombaan ini dilaksanakan secara daring. Selain meraih juara 1 pada perlombaan ini juga meraih kategori Best Presenter. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Februari hingga tahap akhir tanggal 31 Maret 2022 melalui zoom meeting.

“Awal mula tahu ada lomba ini  saya mendapatkan informasi dari prodi farmasi FKIK UMY terkait pengumuman lomba tersebut, kemudian tertarik karena mengusung tema nutrasetikal dengan memanfaatkan bahan alam dimana bahan alam menjadi salah satu bidang farmasi yang saya sukai, kemudian mengembangkan ide dan mulai menyusun essay dengan mengajak kakak tingkat untuk membantu proses revisi ide maupun kepenulisan karya essay” ujar Dita selaku perwakilan anggota.

Selain itu Dita juga menambahka untuk persiapan sendiri tidak lama yaitu seminggu mencari ide dan judul kemudian menulisnya 3 hari. “Kesusahan pastinya selalu ada akan tetapi dengan bantuan literatur, bantuan kating, dan juga dosen farmasi yaitu Pak Rifki bisa teratasi. Untuk perasaannya setelah pengumpulan karya pastinya selalu siap dengan apapun hasilnya dan tidak memiliki ekspektasi apapun yang terpenting sudah semaksimal mungkin, dan saat pengumuman ternyata lolos 5 besar untuk melakukan presentasi final dengan universitas-universitas negeri ternama Indonesia” kata Dita.

“ Jujur sempat minder akan tetapi lagi lagi apapun hasilnya yang paling terpenting usaha maksimal terlebih dahulu, persiapan presentasi hanya 5 hari membuat PPT dan latihan presentasi, alhamdulillah basic gaya presentasi sudah terbentuk dari seringnya lomba karya tulis ilmiah di SMA sehingga tidak ada kendala. Dan saat presentasi dilakukan secara terbuka dengan seluruh finalis dengan 3 juri yang ahli dibidang farmasi militer dan farmasi industry bisa terlewati dengan sangat baik. Dan saat pengumuman tidak  menyangka jika bisa mendapatkan 2 penghargaan sekaligus yaitu sebagai Juara 1 dan Best Presenter” ujar Dhecella.

Dhecella berharap mahasiswa lainnya dapat selalu poduktif dan eksplore potensi dibidang apapun tidak hanya dibidang kepenulisa ilmiah saja tapi masing-masing orang punya kelebihan dan potensi masing-masing. “Lakukan yang terbaik dan yakin sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya” tutup Dhecella (suf).

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara