Bantu Pemerintah Dengan Program Young Sustainable Initiative UMY

Diikuti sebanyak 100 peserta, Pengembangan Kreativitas dan Penalaran Mahasiswa (PKM) menyelenggarakan Launching Program Young Sustainable Initiative sekaligus Seminar Nasional dengan tema “Tantangan Dan Peluang Ekonomi Kreatif Desa Guna Tercapainya Capaian SDGs Di Indonesia”. Kegiatan ini diselenggarakan secara online via Zoom dan Kanal Youtube PKM UMY pada Kamis (29/7).

Untuk beberapa negara SDGs sudah diadopsi menjadi kebijakan resmi dan tidak resmi. Indonesia termasuk salah satu negara yang menjadikan SDGs sebagai kebijakan resmi. Namun, Dalam beberapa literatur terdapat beberapa catatan yang ingin dikontribusikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang belum dimaksimalkan kalangan muda sehingga perlu untuk didorong Kembali. Inilah yang melatarbelakangi diadakan program Young Sustainable Initiative, hal ini disampaikan langsung oleh Faris Al-fadhat, Ph.D.  UMY berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah untuk mencapai SDGs sampai tahun 2030 sekaligus mendorong Perguran Tinggi lainnya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr. Ir. Arifin Rudiyanto, MSc. selaku Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas. Arifin menyampaikan bahwa “Indonesia sendiri dari tahun 2015 sudah merancang serta menetapkan roadmap untuk SDGs”. Sekaligus menjelaskan SDGs ini merupakan kesepakatan bersama anggota PBB untuk membangun dunia lebih sejahtera.

“Namun dikarenakan adanya pandemic, saat ini Indonesia mengedepankan pemulihan ekonomi terlebih dahulu baru akan melanjutkan pengembangan kedepannya”, tambahnya. Yang diutamakan dalam pemulihan ini adalah peningkatan dibidang Pertanian, Industri, Pariwisata dan UMKM. Sudah banyak kontribusi melalui Startup untuk membangun Kembali perekonomian Indonesia.

Dr.Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM selaku Rektor UMY menyampaikan harapannya kepada Sarjana UMY bisa menjadi sarjana yang siap untuk bergerak mandiri atau membentuk komunitas yang menjadi inisiator bagi program pengembangan masyarakat yang berkesinambungan. “Mahasiswa tidak terpisahkan sebagai penggerak inisiator dan pengerak ditengah masyarakat”.

Launching ini ditutup dengan serah terima CSR Bank BPD DIY Syariah untuk mendukung  Program Young Sustainable Initiative UMY.

 

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Terbaru

Waspadai Komersialisasi Dan Eksploitasi Anak Di Media, Tim PKM RSH UMY Serahkan Policy Brief Kepada KPAI

Tim Robot UMY Raih Juara Di Ajang Kontes Robot Indonesia 2024

Mobil Hemat Listrik Tim KHAD UMY Rebut Peringkat 3 Pada Shell Eco Marathon Se-Asia

Mahasiswa UMY Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis Machine Learning Bagi Penyandang Disabilitas

Tingkatkan Kesiapan Karir Mahasiswa & Alumni, Kolaborasi CDC UMY dan Edspert.id Adakan Seminar Self-Profiling

Pagelaran Seni Sentakamudya: Merayakan Kekayaan Budaya Nusantara